International Invention and Innovative Competition (InIIC) 2019

International Invention and Innovative Competition (InIIC) 2019 adalah kompetisi  inovasi tingkat internasional yang diadakan oleh MNNF Network Malaysia serta didukung oleh MNF Publisher, ASP (Advanced Scientific Press), dan Kind Heart Charity yang mempertemukan para inventor dari berbagai negara.

Kompetisi ini dilaksanakan pada tanggal 27 April 2018 di Mahkota Hotel, Malacca Malaysia. Tahun ini InIIC Series 1/2019 mengusung tema  Leading Towards Creativity and Innovation”, dan diikuti oleh 132 kelompok yang setidaknya berasal dari 4 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand. Tujuan kompetisi ini adalah untuk menemukan inovasi, solusi yang hemat biaya dan praktis yang berguna bagi masyarakat, dimana sebagian dari pendapatan pada kegiatan ini akan disumbangkan untuk Kind Heart Charity. Selain itu, peserta dalam kompetisi ini juga mempunyai kesempatan untuk mempublikasikan karya mereka di Innovative Scientific Journal (ISJ). Penilaian dalam kompetisi ini berdasarkan 5 kriteria, yaitu novelty, benefit to the user, benefit to the society, commercialization, dan others (publication, award, intellectual property). Terdapat 3 kategori dalam kompetisi ini yaitu kategori A (Professional), kategori B (Higher Institution Students), dan kategori C (School Students).

Acara ini mendorong anak-anak muda untuk menjadi lebih inovatif dan meningkatkan kesadaran para penemu muda melalui pendekatan inovatif yang baru. InIIC 2019 mendorong keterampilan berfikir serta mendorong para inovator yang potensial untuk mulai berkarya sejak dini.

Pada tahun 2019 ini, Universitas Brawijaya mengirimkan beberapa delegasi. Saat hari Sabtu, 27 April 2019 pukul 08.00 semua delegasi sudah bersiap-siap memenuhi tempat, mempersiapkan stand karya mereka. Setelah itu, tiap delegasi menunggu kedatangan juri yang akan menilai karya mereka . Acara ini dihadiri oleh banyak delegasi dari berbagai negara. Para delegasi pun bermacam dari segala usia, ada yang masih berumur 11 tahun sampai pendidikan S2. Banyak inovasi-inovasi yang dipamerkan di sana. Para delegasi menunggu di stand dan melayani berbagai pertanyaan dari tiap pengunjung yang mengunjungi stand beserta juri sebanyak 3 orang. Penilaian juri berlangsung hingga pukul 13.00, lalu dilanjut acara foto-foto. Acara pameran karya berjalan lancar hingga pengumuman pemenang di sore harinya.

Delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) berhasil memperoleh berbagai penghargaan dalam International Invention & Innovative Competition (InIIC) Series 1/2019, yaitu 1 tim mendapatkan Gold Medal (medali emas), 2 tim mendapatkan Silver medal (medali perak), 1 tim mendapatkan Bronze Medal (medali perunggu). Anggota kelompok yang berhasil mendapatkan Gold Medal adalah Bigy Nuuron Dana (Ps.Ked 2016), Agung Dwi Krisnayana (Ps.Ked 2015), Nadya Vira Saputri (Ps.Ked 2016), Mokhamad Fahmi Rizki Syaban (Ps.Ked 2015). Anggota kelompok 1 yang mendapatkan Silver Medal adalah Diana Yuswanti Putri (Ps.Ked 2016), Balqis Mumtaz Yousanty (PSKB 2017), Nur Estu Wijayanti Saputri (Ps.Ked 2016), untuk anggota kelompok 2 yang mendapatkan silver medal adalah Rivaldo Bramantio Handani (Ps.Ked 2016), Agung Dwi Krisnayana (Ps.Ked 2015), Mokhamad Fahmi Rizki Syaban (Ps.Ked 2015), Iqbal Sholahudin Madudi (Ps.Ked 2017). Sementara itu 1 kelompok mendapatkan Bronze Medal beranggotakan Evita Rosalinda Monangin (Ps.Ked 2017), Adam Fauzi Akbar (Ps.Ked 2018), Evelyn Naftali Halim (), Faradilah Lukmana Sabila (). Dan terimakasih untuk tim yang sudah berjuang mengerahkan segala kemampuannya yaitu tim 1 yang beranggotakan Sri Utaami (Ps.Ked 2016), Ifa Latifatur Rosyidah (PSKB 2016), Ainun Nikmah (PSKB 2016), Mokhamad Fahmi Rizki Syaban (Ps.Ked 2015) dan tim 2 yang beranggotakan Muhamad Haitsam (PS.Ked 2016), Deby (PS.Ked 2015), Virginia (PS.Ked 2015), Novelia Gracea ( PS.Ked 2016). Terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan serta ilmu-ilmu baru selama di sana. Dan juga terima kasih kepada FKUB yang telah memberi dukungan kepada kami. Semoga dengan diperolehnya berbagai penghargaan dalam ajang internasional ini, dapat meningkatkan semangat mahasiswa, khususnya Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya untuk berkarya dan membuat inovasi yang mampu menambah khazanah ilmu pengetahuan dan menjawab berbagai persoalan dalam masyarakat.